ISO 9001 – 8 MANFAAT
Sertifikasi iso 8
manfaat
MENGAPA HARUS
MEMPERTIMBANGKAN SERTIFIKASI ISO 9001 (SISTEM MANAJEMEN MUTU)
Di satu sisi, kita
melihat bahwa organisasi sering dipaksa atau merasa berkewajiban untuk
menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001 yang bersertifikat. Semakin banyak
klien meminta agar pemasok mereka bekerja sesuai dengan standar ISO 9001.
Di sisi lain, kita
melihat bahwa semakin banyak organisasi membentuk sistem manajemen mutu ISO
9001 yang bersertifikat atas inisiatif mereka sendiri. Organisasi-organisasi
ini ingin menjadi lebih profesional dan membuat kualitas produk dan layanan
mereka jelas, terukur dan terkendali agar bisa membedakan diri dari pemasok
lain.
Bagaimanapun, pengenalan
sistem manajemen mutu ISO 9001 biasanya memberi organisasi urutan dan struktur
yang lebih, yang biasanya menguntungkan kualitas produk dan layanannya.
DELAPAN MANFAAT SISTEM
MANAJEMEN MUTU ISO 9001 YANG BERSERTIFIKAT
Sebagai organisasi, Anda
selalu dapat memilih untuk bekerja sesuai dengan standar ISO 9001, namun Anda
juga dapat memilih untuk disertifikasi oleh pihak independen (seperti lembaga
sertifikasi). Dalam prakteknya, kita melihat delapan manfaat utama dalam
memilih sistem manajemen mutu ISO 9001 yang tersertifikasi:
Anda memiliki bukti
objektif bahwa organisasi Anda sangat mementingkan kualitas dan Anda
memeriksanya secara teratur oleh pihak independen. Komitmen ini meningkatkan
kepercayaan diri pada organisasi Anda.
Anda mencapai efisiensi
operasi yang lebih tinggi. Organisasi yang menganggap manajemen mutu sebagai
bagian integral dari operasi bisnis mereka biasanya mencapai efisiensi operasi
yang lebih tinggi daripada yang tidak.
Sistem manajemen mutu
ISO 9001 yang berkualitas dapat meningkatkan kualitas layanan Anda dan
meningkatkan kesadaran staf Anda.
Sistem manajemen mutu
ISO 9001 yang tersertifikasi memastikan proses dan tugas yang jelas
(komunikasi), tugas dan tanggung jawab di seluruh organisasi. Hal ini meningkatkan
keterlibatan staf Anda, yang meningkatkan atmosfir kerja dan mengurangi tekanan
kerja.
Anda dapat mendeteksi
dan mengidentifikasi masalah pada saat yang tepat, yang berarti Anda dapat
dengan cepat mengambil langkah untuk menghindari kesalahan yang sama di masa
depan.
Anda menjelaskan kepada
staf Anda, mitra Anda, klien Anda dan dunia luar bahwa kepuasan pelanggan
adalah inti dari bisnis Anda.
Sistem manajemen mutu
ISO 9001 yang disertifikasi memberi Anda citra perusahaan yang positif,
meningkatkan tingkat pesaing Anda atau bahkan tingkat yang lebih tinggi.
Hal ini mungkin juga
untuk kepentingan komersial Anda, karena semakin banyak klien meminta pemasok
mereka bekerja sesuai dengan sistem manajemen mutu ISO 9001.
Apakah Anda
mempertimbangkan untuk bekerja sesuai dengan standar ISO 9001 ? Fantastis! Tapi
jangan mengambil setengah langkah. Kami merekomendasikan agar Anda melakukan
Sertifikasi ISO 9001 dan menerapkan sistem manajemen mutu segera.
QFS Indonesia merupakan
Badan Sertifikasi ISO yang membantu Organisasi Anda dalam Proses Sertifikasi
ISO 9001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar